Minggu, 04 Desember 2011

cara bongkar mesin

Yamaha Vixion & Jupiter MX memang mengusung teknologi canggih… salah satunya system pendinginan air (Liquid Cooled) pada head cylinder & block silinder……. Nikmat rasanya mengendarai kedua type motor keluaran Yamaha tersebut, tetapi kenikmatan tersebut rupanya hanya fatamorgana belaka……


Liquid Cooled memang berfungsi untuk mendinginkan/menurunkan/menstabilkan temperature/suhu pada mesin yaitu pada cylinder head& cylinder block yang menjaga ruang baker mesin mencapai suhu optimal serta dapat membuat endurance mesin tahan lama…… tetapi mengakibatkan kita lengah terhadap mesin motor kita layaknya kita sedang memakai kendaraan dengan mesin berpendingin udara (Air Cooled) yang ada semacam sirip pada cylinder head & cylinder block untuk melepas panas ke alam bebas yang dapat berakibat FATAL…!!!
Jangankan penunggang/rider/user yang mempunyai vixion/Jupiter MX yang tidak mengerti tentang mesin motor kesayangannya….. Mekanik beres pun ada yang belum menguasai pasal perawatan Liquid Cooled ini…
Contohnya sebuah kasus dari belasan kasus yang sama singgah ke saya pada hari sabtu serta mendorong saya untuk menulis artikel ini karena sudah tak tahan lagi dengan perlakuan mekanik beres pada vixion customer saya……
Berdasarkan laporan sang end user rupanya vixion beliau awalnya jatuh lalu di bawa ke beres Yamaha langganannya untuk membenahi vixionnya yang katanya sempat menginap 3 hari di beres Yamaha, selesai dari beres timbul keluhan dari sang end user “kok air radiatornya sering habis terus yah? Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan lalu yang di radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya lambat sekali dan berat topspeednya”. Singkat kata beliau kembali meluncurkan vixionnya ke beres Yamaha langganannya kembali untuk di “beres” kan keluhannya. Akhirnya menginap lah kembali vixionnya di beres Yamaha… kalau tidak salah 2 hari menginapnya ujar beliau.
Tetapi rupanya penyakit motornya yang sama kembali membuat ulah…….. “air radiator sering habis Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan lalu yang di radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya lambat sekali dan berat topspeednya” kembali si end user berujar. Akhirnya setelah bernegosiasi tentang jadwal booking bongkar mesin pada saya tersepakati maka kemarin lah saya di beri kesempatan untuk memeriksa & membongkar mesin motor vixion kesayangannya.
Setelah saya bongkar……. “Alamaaaaaaakkkkkk telat beberapa hari aja bisa jebol total nih mesin vixionnya boooossss……. Diapain aja boooosss mesinnya kemarin-kemarin menginap berhari-hari di beres Yamaha….. ini juga gasket/paking head silinder, paking block silinder bagian bawah & cover waterpump pake di kasih lem segala…ck…ck…ck…” ujar saya kepada sang pemilik vixion.
Mari silahkan disimak sebagian foto-foto berikut ini. Jangan lupa untuk menyiapkan kacang goreng, kopi, rokok & kartu remi yaaaah wkwkkwkwwk…….




Alangkah kita sebaiknya selalu check mesin motor kita yang bersistem liquid cooled/water cooled seperti Yamaha V-ixion & Jupiter MX apakah ada kebocoran seperti pada gambar berikut ini =

Selalu check ketinggian permukaan air radiator pada radiator seperti gambar berikut ini =

Dan terakhir serta yang paling UTAMA untuk yang suka bongkar-bongkar mesin V-ixion/Jupiter MX dapat men-check tanda-tanda kebocoran air radiator pada waterpump (seal karet & as rotor baling-baling pompa nya) seperti pada gambar berikut =

Ingin mesin V-ixion or Jupiter MX anda di dalam crankcase nya dipenuhi bubur sum-sum seperti gambar-gambar di atas kah…?
Silahkan dirawat & diperhatikan kesehatan mesin motor nya yah… jangan sampai terlambat…
PS = Apabila melakukan service pada beres kalau bisa diperhatikan kerja mekaniknya & bawel sedikit tidak apa-apa demi parts-parts yang harus di ganti, jangan ditinggalkan begitu saja motornya demi secangkir kopi di warung seberang bengkel resmi. ;)
WASPADA… WASPADA… WASPADA LAH……………

2 komentar:

  1. wah,,maksi bnyk kang ilmunya,bermnfaat banget dah...,btw kang, kl bisa kedepan diposting cara servis sepeda motor napa?biar awak bisa belajar ni, yeah itung-itung daripada kursus mekanik...mahal kang

    BalasHapus
  2. JUAL OBAT BIUS PALING AMPUH
    Obat bius hirup chloroform sendiri memiliki kelebihan bila di bandingkan dengan obat bius lainnya,Baik itu obat biuscair,obat bius serbuk dan obat bius semprot yang tersedia.obat bius cholorofom memiliki kedahsyatan dalam memberikan reaksi yang sangat cepat untuk membuat seseorang tidak sadarkan .Karena hal itu,obat bius hirup atau di kenal dengan istilah obat bius bekap ini memiliki image yang tidak baik dalam penggunaannya,khususnya bagi kalangan tertentu yang seringkali menemukan fakta mengenai penggunaann obat bius sebagai hal tidak baik.Obat bius kebanyakan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjadikan seseorang tidak sadarkan diri demi melancarkan tindak kejahatan atau sekedar mengerjai orang.jika obat bius ini terhirup dalam hitungan detik,maka akan pingsan seketika.
    UNTUK PEMESANAN KUNJUNGI WEBSITE: http://obatbius-ampuh.net/
    TERSEDIA:
    obat bius hirup
    obat bius cair
    obat bius semprot
    obat tidur
    liquid sex obat perangsang
    titan gel obat pembesar penis
    gel titan
    green coffee pelangsing cepat dan aman

    BalasHapus